BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Ucapan Aluan

Selamat Datang, Welcome, आपका स्वागत है, 欢迎, ยินดีต้อนรับ,
ようこそ,
Benvenuti, Bienvenue, مرحبا بكم

Link

Assalamualaikum dan salam sejahtera buat pengunjung semua. sekiranya anda mahu mencari bahan berkaitan Bahasa Melayu boleh lah melayari blog Perkongsian Maklumat Bahasa Melayu

Untuk itu anda cuma Link ke Blog Perkongsian Maklumat Bahasa Melayu

Antara Yang terkandung di dalam blog itu adalah seperti:

1.Fonetik Fonologi
2.Morfologi
3.Sintaksis
4.Semantik

RENUNG-RENUNGKAN..

Hidup umpama roda...berputar tidak kira masa dan waktu..silih berganti.kadang-kadang apabila roda itu berada di atas, kita akan merasakan diri kita hebat, beruntung, bernasib baik, tetapi sebaliknya apabila roda itu berada di bawah kita akan berasa hidup kita amat teruk sekali, menyesal, menyerah kalah, marah untuk meneruskan kehidupan di atas muka bumi ini. maka kita seharusnya tabah dan perlu menunggu roda itu berpusing dan kemudiannya berada pada tahap yang lain pula..insyaalah...

Followers

Peta Online

Monday 25 April 2011

PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM KRITIKAN SASTERA


  • Pendekatan moral
  • Pendekatan sosiologi
  • Pendekatan psikologi
  • Pendekatan tipainduk
  • Pendekatan struktur

Kritikan sastera, Fungsi, Buku Kritikan Teori, Jenis Kritikan

KRITIKAN SASTERA
  • Usaha mempertimbangkan dan menilai karya sastera secara jujur dan sistematik.
  • Merupakan cabang ilmu yang mempunyai fungsi-fungsi sediri.
  • Pertimbangan dan penilaian terhadap karya –karya sastera akakn diperkuat dengan alasan –alasan yang munasabah.
   
FUNGSI KRITIKAN SASTERA
  1. Menyumbangkan pengetahuan dan seterusnya mengembangkan pengetahuan itu.
  2. Memberikan bantuan besar kepada pembaca menikmati karya sastera dengan menerangkan tentang karya sastera dan pengarangnya dengan jelas.
  3. Membuat perbezaan antara karya sastera yang baik dengan karya sastera yang tidak baik.
  4. Memberikan kenerangan kepada pengarang cara-cara hendak menyesuaikan karya sasteranya dengan pembaca.
  5. Menghapuskan prasangka buruk terhadap karya sastera dan juga kesusasteraan.
  6. Memperkenalkan karya sastera yang baru kepada mereka yang tidak sempat membaca.
 
 BUKU-BUKU KRITIKAN TEORI
  1. Poetics oleh Aristotle
  2. Principles of literary Criticism (1924 ) oleh L.A. Richards
  3. Anatomy of Criticism (1957 ) oleh Norhrop Frye
  4. Kritikan Sastera di Malaysia
 
BUKU-BUKU KRITIKAN AMALI
  1. Lives of the Poets oleh Dr. Johnson.
  2. Essays in Criticism oleh Mathew Arnold
  3. Seleted Essays oleh T>S> Eliot
  4. Novel-novel Malaysia dalam kritikan susunan Hamzah Hamdani
 
Jenis Lain Kritikan Sastera
  • Kritikam mimetik – melihat karya sastera sebagai satu perimen alam.
  • Kritikan prgmatik – melihat karya sastera sebagai alat yang boleh
  • Kritikan ekspresif – melihat karya sastera sebagai alat bagi pengarang menyatakan fikiran dan perasaannya
  • Kritikan objektif – melihat karya sastera sebagai sesuatu yang istimewa yang boleh berdiri sendiri.

Novel,Cerpen, Drama, Sastera Bertulis Berbentuk Bukan Cerita, Sajak

NOVEL
 
  • Menurut Kamus Dewan novel didefinisikan sebagai cerita dalam bentuk prosa, biasanya panjang dan kompleks yang berkaitan dengan pengalaman dan kelakuan sosial.
  • Menurut Hashim Awang novel adalah prosa cerita yang panjang dan menceritakan kisah hidup manusia pada sesuatu tempat dan dalam suatu masa tertentu untuk menlahirkan satu persoalan kehidupan yang menarik.
  • Contoh novel yang terkenal ialah Novel Siti Nurbaya.
  • Menurut Hashim Awang Novel terbahagi kepada :
Novel Perwatakan
Novel Psikologi
Novel Peristiwa
Novel Resaman
Novel Sejarah
Novel Sosial
Novel Politik
Novel Lawan Alam
Novel perwatakan
  • Perlukisan dan perkembangan watak.
  • Contoh :Rentong
Novel psikologi
  • Menekankan penjiwaan watak
  • Contoh : Hari-hari Terakhir Seorang Seniman
Novel peristiwa
  • Peristiwa-peristiwa menarik tetapi mungkin tidak berhubungan.
  • Contoh : Puteri Gunung Tahan
Novel resaman
  • Penceritaan tentang adat resam satu-satu masyarakat pada satu masa dan tempat tertentu.
  • Contoh : Cinta Gadis Rimba
 
Novel sejarah
  • Penekanan kepada kedua-dua aspek sejarah dan adat resam
  • Contoh : Panglima Awang
Novel Sosial
 
Menekankan mengenai persoalan masyarakat
Contoh : Salina
 
Novel Politik
Persoalan politik
Contoh : Krisis
 
Novel lawan alam
  • Kisah kawasan-kawasan tertentu
  • Contoh : Ranjau Sepanjang Jalan
 
CERPEN
  • Cerita pendek (Kamus Dewan)
  • Cerpen ialah bentukcereka pendek, yang membawakan satu persoalan bagi menghasilkan satu kesan tertentu yang indah. (Hashim Awang)
  • Contoh : Cerpen Ngayau ciptaan Ali Majod.
 
Ciri-ciri
  • Sebuah cerita atau kisah berbentuk prosa
  • Menonjolkan hanya satu kesan
  • Mengisahkan dengan agak terperinci suatu perisiwa
  • Cerpen memperlihatkan adanya unsur-unsur dramatik. Contohnya cerpen Segeluk Air tulisn Khadijah Hashim.
 
DRAMA
  • Sejenis cereka yang berbentuk lakonan : ia selalunya dipentaskan.
  • Perkataan ‘drama’ berasal daripada bahasa Yunani yang bermaksud ‘gerak’.
 
Sifat Drama
  • Isu konflik
  • Aksi fizikal atau mental
  • Jangka waktu persembahan yang terbatas
 
Jenis Drama
  • Komedi
  • Tragedi
  • Opera
  • Pantomin
  • Tragedi-Komedi
   
SASTERA BERTULIS BERBENTUK BUKAN CERITA
 
ESEI
  • Menurut Kamus Dewan esei bermaksud karangan prosa (yang biasanya lebih pendek daripada tesis atau disertasi) tentang sesuatu tajuk.
  • Menurut Encyclopedia Britannica bermaksud satu karangan yang berpatutan panjangnya.
 
SAJAK
  • Menurut Hashim Awang sajak adalah puisi baru yang bebas daripada peraturan-peraturan dalam pembentukan rangkap, baris, kata-kata dan rima. Sajak bersifat demikian untuk dapat mengucapkan fikiran penyair dalam cara yang lebih indah, segar dan bebas.
 
SIFAT-SIFAT SAJAK
  • Tidak mempunyai imbangan bunyi yang tetap
  • Sajak tidak semestinya mengemukakan pertentangan bunyi atau rima akhir di hujung tiap-tiap baris ayat atau dimana-mana juga.
  • Mempunyai rangkap, tetapi bilangan baris ayat pada serangkap tidaklah tetap.
  • Mempunyai baris-baris ayat yang membangunkan rangkap.
  • Mempunyai keharmonian atau penyesuaian yang baik antara isi dengan bahasa.
 

KESUSASTERAAN TULISAN

KESUSASTERAAN TULISAN

 
  • Kesusasteraan tulisan ialah kesusateraan yang disampaikan secara bertulis
  • Pada awalnya, tulisan jawi digunakan untuk menulis kesusasteraan.
  • Sebelum adanya alat pencetak, banyak karya sastera bertulis dengan tangan sahaja.
  • Contohnya Hikayat Hang Tuah dan Sejarah Melayu
  • Setelah masyarakat didatangi peradaban barat, alat cetak dan tulisan rumi di perkenalkan.
  • Contoh karya-karya sastera adalah seperti Hikayat Sang Kancil
  • Sastera bertulis berbentuk cerita terbahagi kepada 3 iaitu novel, cerpen dan drama.
 

Jenis-Jenis Pantun

JENIS-JENIS PANTUN
 
1. Pantun dua kerat
2. Pantun empat kerat
- Pantun kanak-kanak
- Pantun jenaka
- Pantun bersukacita
- Pantun berdukacita
- Pantun kiasan
- Pantun budi
- Pantun nasihat
- Pantun agama
- Pantun kasih sayang
- Pantun nasib
3. Pantun enam kerat
4. Pantun lapan kerat
5. Pantun sepuluh kerat
6. Pantun dua belas kerat
7. Pantun tiga belas kerat
8. Pantun berkait

Contoh:
  • Pantun dua kerat
  • Pantun kanak-kanak
Sudah gaharu cendana pula, Sudah tahu bertanya pula.
  • Pantun empat kerat
  • Pantun jenaka
Ayam disabung jantan dipaut, Jika ditambat kalah laganya,
Asam di darat ikan di laut,
Dalam belanga bertemu jua.  
  • Pantun enam kerat
Apa di harap padi seberang,
Entah berderai entahkan tidak,
Entah dimakan pipit melayang,
Apa diharap kekasih orang,
Entah bercerai entah tidak,
Entah makin bertambah sayang.

Jenis-Jenis Pantun

JENIS-JENIS PANTUN
 
1. Pantun dua kerat
2. Pantun empat kerat
- Pantun kanak-kanak
- Pantun jenaka
- Pantun bersukacita
- Pantun berdukacita
- Pantun kiasan
- Pantun budi
- Pantun nasihat
- Pantun agama
- Pantun kasih sayang
- Pantun nasib
3. Pantun enam kerat
4. Pantun lapan kerat
5. Pantun sepuluh kerat
6. Pantun dua belas kerat
7. Pantun tiga belas kerat
8. Pantun berkait

Pentingnya Sastera Kanak-Kanak


Penerbitan sastera kanak-kanak dan remaja memainkan peranan besar bagi membangunkan masyarakat yang gemar membaca. Orang-orang dewasa yang suka membaca sememangnya mereka sudah suka membaca semenjak masih kanak-kanak dan remaja.
Justeru, industri buku bacaan dewasa dapat berkembang apabila industri buku kanak-kanak dan remaja berkembang.

Di sinilah pentingnya kerajaan memberi dukungan kepada industri buku kanak-kanak dan remaja, supaya kualiti buku-buku yang diterbitkan itu tinggi dan memenuhi keperluan perkembangan psikologi dan intelek mereka. Namun hal ini belum berlaku. Kerajaan masih tidak menubuhkan dana buku yang membolehkan para penerbit buku mendapatkan pinjaman dengan kadar faedah yang rendah supaya kos penerbitan buku dapat diturunkan.

PTS Penerbit Buku Terjemahan Paling Aktif


Pada masa ini PTS adalah penerbit buku-buku terjemahan yang paling aktif dalam pasaran.
Beginilah strategi PTS memilih pengarang yang karyanya akan diterjemahkan:

1. Pilih pengarang-pengarang yang buku-bukunya yang sudah evergreen dalam pasaran.
2. Bagi setiap pengarang, pilih judul-judul yang paling baik jualannya.
Menterjemahkan banyak judul oleh seseorang pengarang adalah strategi PTS bagi membangunkan kumpulan pembaca yang meminati buku-buku pengarang itu. Sebagai contoh, PTS menterjemahkan banyak buku John C. Maxwell supaya buku-buku beliau mempunyai peminatnya sendiri.
Pengarang yang yang hanya mempunyai 1 ataupun 2 judul tidak akan mempunyai peminat.
Peminat memainkan peranan penting bagi jualan buku kerana peminat akan membeli semua buku pengarang yang diminatinya.

20 Buku Sastera PTS Paling Laris pada Tahun 2009


1. Salahudin Ayubi: Penakluk Jerusalem (10,710)
2. Umar Al-Khattab: Reformis Dunia Islam (8,979)
3. Salju Sakinah (8,140)
4. Hulagu Khan: Khabar Hitam dari Timur (6,522)
5. Sultan Muhammad al Fateh (5,654)
6. Ali bin Abi Talib (5,450)
7. Uthman Affan: Pengumpul al-Quran (5415)
8. Abu Bakar: Sahabat Sejati (5,112)
9. Warkah Cinta Berbau Syurga (4,787)
10. Khalid: Memburu Syahid (4,771)
11. Munajat Cinta (4,707)
12. Bilal bin Rabah (4,636)
13. Abu Ubaidah: Penakluk Parsi (4,586)
14. Tariq: Menang ataupun Syahid (4,212)
15. Lasykar Pelangi (4,153)
16. Doa Insan Berkasih (3,655)
17. Imam Syafie: Pejuang Kebebasan (3,517)
18. Lantera Mustika (3,387)
19. Munajat Cinta 2 (3,124)
20. Makrifat Cinta (2,996)

Jangan Remehkan Pemahaman Anak terhadap Dunia Sastera


-- Yanti Alprianti

PEMAHAMAN anak-anak luar negeri terhadap dunia sastra, belakangan ini semakin menggembirakan. Kenyataan itu bisa dilihat dari penerbitan media khusus yang membahas masalah sastra anak-anak. Dan penulis sastra di media itui opada umumnya adalah anak-anak usia sekolah dasar. Tetapi, mesti baru duduk di sekolah dasar pemahaman sastra mereka sudah menggembirakan.

Berbeda dengan di Indonesia. Di negeri ini ada kecenderungan kalangan orangtua malah menganggap remeh bahkan melarang putra-putrinya yang meminati masalah sastra. Akibatnya, di antara duaratus juta penduduk, tradisi 'lekat aksara' hanya dilakukan (dinikmati) segelintir orang saja. Itu pun dilakukan oleh kalangan dewasa.

Padahal, harus dipahami, pendidikan yang gagal dibarengi dengan pemahaman psikologi anak yang keliru menyebabkan budaya baca hampir tak ada. Kekeliruan pemahaman terhadap psikologi anak misalnya: "anak kecil itu orang dewasa yang kecil", atau anggapan bahwa anak-anak adalah kumpulan manusia yang mirip dan serupa satu sama lain dan kehidupannya bersifat statis.

Orang dewasa banyak yang beranggapan bahwa dunia anak merupakan dunia yang sama dengan masa kecilnya sehingga orang dewasa cenderung mendikte terhadap anak seolah-olah mereka jauh lebih tahu dari anak (Purbani, 2003:2). Kekeliruan pemahaman orang dewasa misalnya, tercermin dengan masih banyaknya anak-anak yang dibiarkan nonton televisi sampai berlarut-larut, atau malah sebaliknya melarang anak-melakukan kegiatan kreatif dengan dalih 'asal orangtua nyaman, tidak curiga, dan tidak khawatir'. Pengekangan semacam inilah yang mesti dilawan sebab hidup manusia merupakan proses untuk menjadi diri sendiri secara utuh. Proses individuasi merupakan salah satu pertumbuhan kekuatan dan integrasi kepribadian individualnya. Dunia anak-anak tentu sewarna dengan pengalaman dan pengetahuan mereka yang belum menumpuk sehingga masih diperlukan mediasi untuk mengembangkan daya kreatifnya (Nurgiyantoro).

Maka yang paling penting dalam hal ini adalah pemenuhan hak anak. Hal yang dimaksud adalah proses belajar, menjadi individu yang subjektif, perkembangan pengalaman dan pengetahuan, yang semuanya berada dalam bingkai dunia anak. Membaca dan menulis misalnya, merupakan hak anak sebab di sana terdapat adanya 'proses menjadi diri sendiri secara utuh', bukan senjadi seperti gurunya, seperti orantuanya, atau seperti orang lain. Penjelasan mengenai hak membaca bagi anak adalah kebutuhan (bukan kewajiban) saya analogikan dengan fenomena mengenai pulsa (telepon seluler) yang ada saat ini. Sepuluh tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya, pulsa bukanlah kebutuhan masyarakat, ia mewah dan eksklusif. Lama-kelamaan dengan alasan perkembangan teknologi dan kemajuan zaman, kaum kapitalis kemudian mengondisikan komoditi (pulsa) tersebut menjadi kebutuhan. Ternyata sukses dengan cepat. Pulsa menawarkan material dan ketergantungan di kemudian hari, tapi tidak demikian dengan membaca dan menulis yang umurnya lebih tua. Apa sebabnya? Karena pulsa memberikan kekayaan pada segelintir orang, sedangkan membaca dan menulis hanya akan melahirkan manusia merdeka yang bebas dari ketergantungan (sebagai lawan kapitalisme).

Maka tidak kaget ketika kita mendapati betapa siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum lebih suka membeli pulsa ketimbang membeli buku. Membaca dan menulis pada mulanya tidak dikondisikan dalam sebuah ruang kebutuhan. Ia yang 'seolah mewah dan eksklusif' bermula dari nihilnya pemenuhan kebutuhan anak akan buku, pembiasaan anak terhadap keberaksaraan. Sebagai bandingan, akan berbeda halnya dengan tradisi Belanda ketika menjajah Indonesia, mereka sadar akan 'masa depan melek-aksara' tersebut. Pada saat itu di Belanda tumbuh kesadaran mengenai sejarah nasional yang juga tercermin dalam buku-buku bacaan anak Hindia (Indische kinderboeken). Menengok sejarahnya, buku-buku yang diperuntukkan bagi anak Hindia dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu buku yang berisi keperluan pengenalan anak-anak Belanda mengenai negara jajahannya dan buku bagi keperluan anak-anak Belanda dan Indo yang tinggal di Hindia Belanda.

Sebagai cikal bakal buku anak-anak di Indonesia tentu saja buku-buku yang kedua. Buku tersebut walaupun ditulis bagi keperluan anak-anak Belanda dan Indo tetapi tidak menutup kemungkinan dibaca juga oleh anak-anak pribumi yang saat itu memperoleh kesempatan memasuki sekolah anak-anak Eropa. Buku yang berjudul Oost-Indische Bloempjes; Gedichtjesvoor de Nederlandsch-Indische Jeugd (Bunga-bunga Kecil Hindia Timur; Syair-syair untuk Remaja Hindia Belanda) yang ditulis Johannes van Soest pada tahun 1846 merupakan buku pertama bagi anak-anak Belanda dan Indo yang tinggal di Hindia Belanda. Buku kedua berjudul De Lotgevallen van Djahidin (Pengalaman Djahidin) ditulis J.A Uilkens pada tahun 1873, bercerita mengenai petualangan anak laki-laki Sunda di pulau Jawa, Singapura, Jepang, dan Papua Nugini. Buku tersebut kemudian diterjemahkan dalam Bahasa Jawa, Melayu, dan Sunda. Buku ketiga berjudul Indisch Kinderleven (Kehidupan Anak-anak Hindia) ditulis Nittel de Wolf van Westerrode pada tahun 1920. Buku inilah yang kemudian mengilhami diadakan lomba mengarang bacaan anak-anak oleh Balai Pustaka. (Bunanta, 1998:37-38). Sastra anak di Indonesia selama ini dianggap 'bawang kosong' semata, sebagai 'bagian kecil' dari sastra Indonesia. Ia seolah 'sastra dewasa yang dianggap kecil', sastra anak sebagai anak sastra.

Sementara, sastra Indonesia yang kentara angker menjadikan dirinya eksklusif dan makin menjauh dari ruang kebutuhan. Demikian pula sastra anak, yang seharusnya berada dalam keberterimaan, ia tidak diajarkan sesuai dengan perkembangan anak yang semestinya dulce et utile (Horatius), yaitu yang menyenangkan dan memberikan pencerahan. Artinya, sastra bagi anak sebenarnya adalah batu loncatan agar mereka terbiasa membaca sehingga ia selanjutnya tidak gagap ketika membaca buku-buku lain di luar buku sastra, tidak kaget dan gumun ketika mendapati dunia begitu gegap. Maka dalam kondisi menyenangkan dan tercerahkan, anak akan tumbuh menjadi manusia merdeka yang memungkinkan adanya proses tumbuhnya kekuatan dan integrasi, penguasaan terhadap alam, akal budi, dan tumbuhnya solidaritas terhadap orang lain (Fromm). Jadi wajar jikalau seorang guru SD bertanya tentang bagaimana sebenarnya pengajaran sastra kepada anak sebab selama ini pendidikan kita berada dalam kegagalan.

Pendidikan sudah seharusnya merupakan proses yang fungsional, bukan suatu kegiatan teknis mengajarkan kebahasaan, pesan-pesan mekanis, apalagi muatan kepentingan. Nah, artinya dalam kondisi 'angker' tersebut hak-hak anak terampas oleh kepongahan orangtua sehingga mereka mengalami 'takut aksara', tidak bisa menemukan dirinya, sehingga tidak paham bagaimana menuliskan sejarahnya.

Sumber: Suara Karya, Sabtu, 2 April 2011

Sastra dalam Adab Visual

HAL-IHWAL penerjemahan sastra ke dalam konteks visual bukanlah sesuatu yang baru. Tetapi jika ia kemudian melibatkan para musisi, selebriti, dan penyair dalam satu panggung, pastilah menjadi sesuatu yang seru.

Kolaborasi para musisi, selebriti, dan penyair itu diikat oleh satu isu sastra, yang notabene bukan persoalan hidup sehari-hari, tetapi sesuatu yang serius, yang mengeduk sampai ke akar pemikiran kita. Panggung yang dibangun di pelataran Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Rabu (13/4) malam itu, terasa istimewa, tidak saja karena dipadati penonton, tetapi lebih-lebih karena isu sastra itu menyangkut keberlangsungan hidup sebuah perpustakaan. Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, sebuah rumah dokumen sastra yang sehari-hari sepi, jauh dari jamahan orang, berkesan kusam, dan terbengkalai, tiba-tiba menjadi buah bibir. Dan, semua orang merasa berkepentingan untuk paling tidak membicarakannya.

Cerita bermula dari subsidi Pemprov DKI Jakarta yang makin tahun makin merosot. Terakhir lembaga yang dirintis Paus Sastra Indonesia HB Jassin, itu hanya memperoleh dana hibah sebesar Rp 50 juta. Itu jauh dari kebutuhan tahunan lembaga yang senilai Rp 1 miliar. Ketua Dewan Pembina Yayasan PDS HB Jassin, Ajip Rosidi, menyatakan akan menutup pusat dokumentasi itu karena sudah tidak sanggup lagi menanggung biaya pemeliharaannya.

Pernyataan ini yang kemudian memicu perhatian, simpati, dan apresiasi, sampai akhirnya melahirkan gerakan #koinsastra yang dilansir 18 Maret 2011 lewat akun jejaring sosial Twitter. Konser#Koinsastra menyusul kemudian sebagai wahana amal yang melibatkan para musisi, seperti Dwiki Dharmawan, Dewa Budjana, Piyu Padi, Ananda Sukarlan, Maya Hasan, dan Sujiwo Tedjo. Ikut bergabung pula para selebriti seperti Feby Febiola, Ayu Laksmi, Djenar Maesa Ayu, Saras Dewi, Soimah Pancawati, Wanda Hamidah, dan Sruti Respati. Ada pula sutradara Garin Nugroho, wartawan Mayong Suryolaksono, dan Innayah Wahid.

Pergelaran itu makin menemukan artinya dengan kehadiran para penyair seperti Jose Rizal Manua, Warih Wisatsana, Cok Sawitri, Gunawan Maryanto, Hanna Fransisca, dan Ahda Imran. Tidak ketinggalan beberapa kelompok band seperti Kotak, Efek Rumah Kaca, Antik, Pesta, dan Dewi Sartika.

Realiti dan praktik

Keterlibatan berbagai kalangan atas kenyataan memprihatinkan terhadap nasib PDS HB Jassin, diikat oleh satu kata ”sakti”, yakni #koinsastra. Kata ini seolah menjelma menjadi pemersatu yang melintas-batas. Dalam waktu kurang dari sebulan sekat-sekat sosial diterabas menjadi sebuah lapangan bersama, untuk kemudian mengekspresikan keprihatinan.

Tentu, keprihatinan saja tidak cukup. Gerakan ini kemudian mengejawantah sebagai realitas yang mencerminkan kondisi kesusastraan kita dewasa ini. Praktik sastra tidak lagi terutama berada di koran-koran atau buku. Sastra telah memasuki relung teknologi, yang bisa diakses oleh semua orang dengan sangat mudah.

Mereka yang menulis ”sastra” seperti cerpen, puisi, bahkan novel di jejaring sosial seperti Twitter, FaceBook, dan blog, sebagian besar bukanlah mereka yang tadinya ”berprofesi” sebagai penulis atau sastrawan. Mereka adalah siapa saja dengan beragam latar belakang profesi.

Praktik susastra semacam ini sama sekali tidak bisa diremehkan. Para pelakunya sangat serius menekuni sastra, sampai akhirnya menerbitkannya dalam bentuk buku. Bahkan di akun seperti Twitter muncul akun buku online yang apabila dipesan bisa sesegera mungkin dijadikan buku dalam pengertian fisik. Mereka hanya perlu menge-print, lalu mengirimkan kepada pemesannya.

Proses penerbitan buku yang harus melalui banyak tahap, dipangkas sedemikian rupa, dengan hasilnya yang boleh dikata serupa: sebuah buku. Di akun lain muncul pula kelas menulis online. Pengelola akun ”hanya” perlu mencari seorang sastrawan dan peserta, lalu di antara mereka akan terjadi satu praktik menulis sastra secara online pula. Seluruh proses pelatihan terjadi di dunia maya.

Bagi sastrawan Nirwan Dewanto, solidaritas yang muncul dalam #koinsastra tidak lepas dari kecenderungan bahwa masyarakat kecewa dan lelah dengan kelambanan penyelenggaraan berbagai urusan publik. Begitu masyarakat melihat ada ruang inisiatif untuk mengurus sendiri urusan publik itu, ruang itu pun segera diisi.

”Masyarakat yang lelah dengan urusan politik berkepanjangan dengan mudah mengisi ruang inisiatif sebuah persoalan yang lain, yaitu persoalan kebudayaan khususnya masalah sastra. Dan, para penggagas #koinsastra sangat baik memanfaatkan media sosial seperti Twitter. #Koinsastra dan Konser#Koinsastra harus dilihat sebagai tekanan masyarakat kepada pemerintah untuk lebih memerhatikan soal-soal kebudayaan,” kata Nirwan.

Inilah sebagian dari realitas sastra kontemporer. Bisa dipahami jika kemudian gerakan #koinsastra yang mengusung isu penyelamatan PDS HB Jassin dalam waktu singkat memperoleh dukungan yang luas. Proses penggalangan gerakan itu pun dilakukan lewat dunia maya, di mana praktik-praktik sastra kontemporer itu berlangsung. Dan itulah yang kemudian mempertemukan orang-orang seperti Piyu Padi dan Dewa Budjana dengan sastrawan seperti Khrisna Pabichara, salah satu penggagas gerakan #koinsastra.

Konser malam itu bahkan berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp 172 juta, dua setengah kali lipat dari jumlah anggaran yang ”mampu” disediakan Pemprov DKI Jakarta dalam setahun. Jumlah ini sudah cukup membuktikan bahwa partisipasi publik selalu jauh melebihi inisiatif yang bisa diberikan oleh aparat birokrasi. Bahkan terhadap isu yang bergerak antara intelektualitas dan imajinasi kita: sastra! (ROW/CAN)

Nasib Sastera di Sekolah

-- Suheri

...wahai Pak Guru, jangan kami disalahkan apalagi dicerca/bila kami tak mampu mengembangkan kosakata/selama ini kami hanya diajar menghafal dan menghafal saja/mana ada dididik mengembangkan logika/mana ada diajar berargumentasi dengan pendapat berbeda/dan mengenai masalah membaca buku dan karya sastra, Pak Guru/sudah lama sekali/mata kami rabun novel, rabun cerpen, rabun drama, dan rabun puisi/tapi mata kami kan nyalang bila menonton televisi. (Taufiq Ismail, Pelajaran Tata Bahasa dan Mengarang)

CUPLIKAN puisi tersebut, meskipun ditulis tahun 1997 dan merupakan refleksi Taufik tentang pengajaran sastra di sekolah waktu itu, aromanya masih kental tercium sampai saat ini. Pengakuan bila siswa rabun novel, drama, cerpen, dan puisi tersebut merupakan indikasi, bila si pengampu mata pelajaran (baca: guru Bahasa dan Sastra Indonesia) pun terjangkit penyakit tersebut. Bahkan, Taufik menyatakan bila kita sedang “rabun membaca dan lumpuh menulis”.

Padahal, Eko Triono dalam Lampung Post, 25 November 2010, menulis bila dalam dunia pendidikan, tonggak sastra adalah guru dan calon guru. Namun, tonggak itu tidak berdiri dengan gagah dan kokoh menancap dalam, hal ini karena si pemegang tonggak itu justru menjauh dari dunia sastra itu sendiri, maksudnya aspek berbahasa lebih dominan disajikan semestara aspek bersastranya dikesampingkan. Kalaupun guru mengajarkan sastra hal yang disampaikan yaitu tentang pengetahuan tentang sastra (definisi, tokoh, dan karya, periodesasi dsb.), bukan membedah karya sastra (membaca, membicarakan, menulis esai, dan kritik, dsb).

Masalah Sastra di Sekolah

Patut dicurigai ada beberapa masalah yang dihadapi guru dan siswa sehingga mereka menjadi rabun sastra. Problem itu antara lain: 1. kompetensi guru dalam bersastra, 2. kurang/tidak tersedianya buku sastra di perpustakaan sekolah, 3. sastra dipandang sebelah mata/kurang bergengsi, dibanding mata pelajaran MIPA.

Kompetensi guru dalam bersastra dapat dicurigai masih rendah, hal ini disebabkan guru berhenti membaca karya sastra dan berhenti pula menulis. Indikasinya terlihat kala berbincang sastra, ia akan menghindar, tidak nyambung, atau hanya menjadi pendengar saja. Indikasi yang lain, hanya sedikit guru yang aktif mengikuti lomba sastra, menulis masalah sastra (baca: puisi, cerpen, esai, artikel, resensi) di media massa. Kesibukan sebagai guru merupakan alasan bagi guru untuk berhenti membaca dan menulis, terlebih bila guru memang tidak menyukai sastra sehingga penyakit rabun membaca, lumpuh menulis, kian menjalar kepada guru yang efek dominonya berjangkit kepada siswa.

Kompetensi guru yang jalan di tempat itu, tertinggal jauh dengan perkembangan di dunia sastra, konsekuensinya guru kian jauh tertinggal, makin gagap bila menyoal sastra, baik di kelas, sekolah, maupun dunia nyata. Bandingkan dengan apa yang dilakukan Merry E. Fowler dalam Taufiq Ismail (2003), siswa belajar mengarang dengan banyak. Banyak membaca dan dibimbing mengarang, dibarengi saran, guru merevisi hasilnya, kemudian didiskusikan serta akhirnya mengalami perbaikan.

Untuk mewujudkan hal itu, tentunya guru lebih dahulu membaca dan menulis sehingga mempunyai bekal yang cukup untuk memberi saran dan merevisi hasil karya siswa. Begitu pula terhadap sastra, bedah puisi bedah cerpen, novel, drama, karya siswa dilakukan guru dengan siswa, tentunya guru harus terlebih dahulu mempunyai wawasan yang cukup untuk memberi penilaian kelebihan dan kekurangan karya siswa tersebut.

Benar dalam standard isi pada ruang lingkup, mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (KTSP) ada kalimat yang mengatakan bahwa pada akhir pendidikan di SMA/MA peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra. Sebagai asumsi buku sastra 7 buah, buku nonsastra 8 buah. Kelas X membaca 3 buku, kelas XI 3, kelas XII 1 buku sastra. Masalah yang timbul bukan hanya tidak adanya ketegasan guru menugaskan siswa membaca buku sastra, membuat esai dan atau kritik, lalu diuji oleh guru, melainkan juga buku yang dimaksud tidak ada di perpustakaan sekolah.

Bandingkan dengan peserta didik dari Thailand, yang wajib membaca 5 judul buku sastra, Malaysia 6 judul, Singapura 6 judul, Brunei Darussalam 7 judul, Jepang 15 judul, Belanda 30 judul, Amerika serikat 32 judul. Sebagai pengingat, zaman penjajah Belanda. Algemeene Midllebare School (setingkat SMA), AMS-A, wajib membaca 25 judul, dan AMS-B wajib membaca 15 judul buku sastra. Wajib membaca itu dapat dilaksanakan karena buku yang dimaksud terdapat dalam perpustakaan sekolah.

Tampaknya kecerdasan logika lebih diutamakan sehingga kecerdasan majemuk tidak mendapat porsi yang sepadan dari sekolah. Hal ini terlihat dari penyediaan sarana dan prasarana. Laboratorium IPA berserta alat praktek dan peraga tersedia lengkap. Namun, laboratorium bahasa, terlebih ruang praktek teater, kesenian, belumlah tiap sekolah menyediakan sarana tersebut. Kecerdasan linguistik dipadang sébelah mata sehingga kecerdasan ini tidak ditumbuhkembangkan layaknya kecerdasan logika. Terlebih perlombaan-perlombaan yang bersifat lokal, nasional, internasional, masih mengagungkan IQ, sebagai puncak kecerdasan manusia.

Kondisi ini membuat siswa berduyun-duyun menggeluti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, sementara sastra sekadar numpang lewat saja.

Kondisi tersebut bila dibiarkan akan membuat nasib sastra di sekolah kian merana. Untuk itu, sudah keharusan bila guru bahasa dan sastra kembali lagi ke jalan yang benar, dengan membaca dan lalu menulis tiada henti, menebarkan benih sastra di ladang hati siswa, melalui puisi, cerpen, drama, novel, esai, dan kritik. Pelajaran sastra bukan menyiapkan siswa menjadi sastrawan atau penyair, melainkan menanamkan humanisme, melembutkan hati, menyemai budi pekerti. Menyeimbangkan fungsi otak kiri dan otak kanan (logika dan emosi).

Marilah kita latih anak-anak bangsa kita terbang/ke angkasa pemikiran dan perenungan/melalui kemampuan dan kecintaan mengarang/membaca, membaca, membaca/mengarang, mengarang, mengarang. (Taufiq Ismail, sajak Membaca Buku dan Mengarang, Kakak-Adik Kandung Tak Terpisahkan) n

Suheri
, Guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMAN 1 Sukadana Lampung Timur

Sumber: Lampung Post, Sabtu, 16 April 2011

Syekh Bejirum Dan Rajah Anjing


Judul buku: Syekh Bajirum dan Rajah Anjing

Penulis : Fahrudin Nasrullah

Penerbit : Pustaka Pujangga

Cetakan : 1, Februari 2011

Tebal : 142 halaman

MEMBACA kumpulan cerpen tak ubah melakukan tamasya kisah. Kadang kita mendapatkan pengalaman batin pun pengetahuan lahir yang membuat sejenak melancong ke alam cerita yang diwarahkan penulisnya. Begitu pun kisah yang diwedarkan Fahrudin Nasrullah dalam Syekh Bajirum dan Rajah Anjing. Pembaca disuguhi bermacam kisah dengan latar sejarah pada 11 cerpen yang diagitnya. Cerpen satu dan lainnya menyuguhkan tema dan cita yang berbeda, tapi tetap dengan latar sejarah.

Ada dua tema besar yang tertuang dalam beragam judul, yaitu sejarah dengan warna sejarah kolonial dan sufistik Islam yang kental dengan kejawaan. Apa pun tema besarnya, Fahrudin mampu menggiring pembaca lesap dalam cerita yang dibangunnya dalam silang sengkarut permasalahan sang tokoh.

Seperti pada pembuka yang bertitel Surabawuk Megatruh. Pembaca diajak berpikir keras pada perdebatan filsafat yang mengerutkan dahi. Bagi yang tidak akrab dengan cerita-cerita dan tokoh-tokoh besar pesantren seperti Hasan Besari, tentu akan semakin mengernyit dan meraba-raba cerita lain pelengkap pemahaman tentang cerita yang disuguhkan. Beruntung ada catatan kaki yang membantu kita memahami pertanyaan yang menyelinap atas ketidakhafalan kita pada sejarah itu. Meskipun catatan kaki panjang dan kadang menjadi cerita baru yang terpisah masih menyisakan kehausan di sana sini.

Tapi bagi pembaca yang akrab dengan kisah hikmah tokoh-tokoh dunia pesantren dan sejarah, membaca kumpulan cerpen Fahrudin menjadi tamasya nostagik dan arung sejarah yang mengasyikkan. Bagaimana pun latar samping pembaca akan mendapat hal serupa, kembara pengetahuan sejarah dan spiritual.

Kadang kita diajak menyelam pada tokoh sekelas Hasan Besari yang mempunyai kedalaman pemahaman tauhid. Juga tokoh Surabawuk, sebagai tokoh antagonis dalam Surabawuk Megatruh, dengan pemahaman filsafat purna tentang Zat Ilahiat. Mengikuti pertarungan pemikiran keduanya kita seperti bertarung dengan diri sendiri. Hati dan pemikiran tersedot untuk kalimat demi kalimat, frasa demi frasa, yang akhirnya membetot seluruh energi untuk mengkaji lagi ketauhidan yang kita miliki.

Dialog keduanya bukanlah hitam-putih dan benar salah seperti tokoh-tokoh antagonis-protagonis cerpen pada umumnya. Pada setiap perdebatan-baik dari Hasan Basari maupun Surobawuk-mengandung pesan filsafat yang menghujam hati pun pikiran untuk mempertanyakan kembali pemahaman pun perilaku tauhid kita.

Dengan bahasa yang estetis, Fahrudin mampu membunuh kejenuhan pembaca. Meskipun dahi berkerut, dia berhasil menggiring pembaca untuk merasa rugi jika tak menyelesaikan ceritanya.

Penulis tak melukiskan Surobawuk tokoh antagonis yang bermantel salah, tak semua kata-katanya nyasar, banyak makna yang diudarnya membuat kita berkaca pada semua peribadatan pun keyakinan yang sudah mapan. Begitu pun Kiai Hasan Besari. Meskipun dia seorang kiai besar, pada kisah ini tidak disujudi atau diajeni. Dengan mencak-mencak bertabur sumpah serapah Surobawuk mementalkannya pada derajat kesetaraan untuk bertanding pengetahuan.

Pada kisah pertama Fahrudin menutupnya dengan sublimasi yang diserahkan pada imajinasi intelektual pun spiritual pembaca, tanpa menggurui.

Warna kental lain yang ada pada setiap cerpen-cerpen Fahrudin adalah dialetika filsafat dan keyakinan. Membacanya mengingatkan kita pada kitab Jawa Serat Centini yang telah dinovelkan oleh Elizabet Inandiak. Dalam Serat Centini kita diajak mengudal-udal keyakinan kita sampai pada titik manunggaling kalwulo gusti.

Dalam kumpulan cerpen ini kita akan melakukan tamasya ruhiah yang ditatah dalam sejarah pun kekentalan dialektika keimanan. Bukan hanya pada cerpen Megatruh Surobawuk, pada cerpen Montel pun kita diajak berdialektika dengan diri sendiri tentang hakikat diri, ruang, sepuluh bayangan diri kita yang mengejawantah dalam laku.

Dalam cerpen Syekh Bajirum dan Rajah Anjing yang menjadi title

kumpulan cerpen ini, pembaca akan mengikuti safari ruhani yang dilakuakan Syekh Bajirum. Di sini kita tidak semata-mata melakukan telusur kata. Ada telisik sejaran perjalanan petualang unggul Ibnu Batuta juga sang tokoh Syekh Bajirum. Selain kita disuguhi data-data sejarah yang membuat pembaca nyaris tak sedang membaca fiksi, tapi menyigi pengetahuan sejarah dalam kembara sastra.

Dilengkapi referensi kitab kuning khas pesantren membuat kita tak hanya melakukan wisata sejarah, juga menjadi seorang santri yang sedang mengulang pelajaran di pondok pesantren yang telah lama ditinggalkan.

Bagi pembaca yang yang mempunyai latar belakang pesantren, kisah ini tak asing. Meskipun tak mengurangi pesona untuk membacanya karena dikemas dalam gaya dan bahasa yang cukup nyastra. Dan bagi pembaca yang baru bersentuhan dengan literatur pesantren, akan menyisakan penasaran untuk membaca lagi kisah lain yang berhubungan dengan cerpen-cerpen ini.

Kumpulan cerpen dengan penghantar Afizal Malna dan diterbtikan Pustaka Pujangga ini pun menghadirkan kisah sejarah Nusantara dan Babad Tanah Jawa, seperti cerpen Memburu Maria Van Pausten, Puputan Walanda Tack, Prahara Giri Kedaton. Cerpen lain yang tak kalah seru, antara lain Nubuat dari Sabrang, Duel Dua Bajungan, Arung Beliung, dan Huru Hara Babarong.

Akhirnya kumpulan cerpen ini sayang dilewatkan bagi para pencinta sastra karena kita tidak hanya mendapatkan cerita pada gugusan kata, banyak makna untuk kita renungkan sebagai jajan pasar kehidupan.

S.W. Teofani, cerpenis

Sumber: Lampung Post, Minggu, 17 April 2011

MENYELONGKAR SEJARAH KERIS TAMENG SARI

-- Agus Sri Danardana

Pendahuluan

Secara arkeologis dan historis, keris telah dikenal masyarakat Indonesia (Nusantara) sejak zaman kuno, sekitar abad ke-5. Prasasti Tukmas di lereng barat Gunung Merapi (Grabag, Magelang, Jawa Tengah) menjadi petunjuk awal keberadaan keris di Indonesia. Meskipun demikian, secara sosiologis, keris baru menjadi bahan perbincangan setelah tersebar laporan-laporan perjalanan laut lintas negeri, seperti Yin Ya Sheng Lan (Pemandangan Indah di seberang Samudera) karya Ma Huan dan Xing Cha Sheng Lan (Menikmati Pemandangan Indah dengan Rakit Sakti) karya Fei Xin, di zaman kerajaan Majapahit (lihat Kong Yuanzhi, Muslim Tionghoa Cheng Ho: Misteri Perjalanan Muhibah di Nusantara, 2000:100-101).

Secara umum, keris dimaknai sebagai “senjata tajam yang bersarung, berujung tajam, dan bermata dua (bilahnya ada yang lurus, ada yang berkeluk-keluk)” (KBBI, 2008:681). Dalam perkembangannya, pengertian/makna keris sering mengalami perubahan seiring dengan perkembangan rasa bahasa dan sistem simbol dalam masyarakat penggunanya. Di Jawa, misalnya, keris dianggap sebagai istilah yang tumbuh dari jarwadhosok “akronim”: ke dan ris. Ke akronim dari kekeran “pagar, penghalang, peringatan, pengendalian”, sedangkan ris akronim dari aris “tenang, lambat, halus”. Keris, dengan demikian, dipahami sebagai alat defensif dengan konsekuensi akan pentingnya penekanan tentang kesadaran etis yang mengesampingkan performan keris sebagai senjata tajam yang keras dan agresif. Pengertian seperti itu biasanya berbarengan dengan pemolesan makna simbolis tentang kesejahteraan hidup melalui konsepsi angsar, yakni kepercayaan akan adanya kekuatan dalam karya estetik yang akan dapat mendatangkan keberuntungan. Dalam proses regenerasi, “pesan moral” seperti itu dianggap sebagai wasiat (nasihat peninggalan nenek moyang) yang wajib dijalankan. Di satu sisi, keris ditempatkan sebagai senjata untuk perlindungan diri, di sisi lain keris menjadi simbol kedewasaan, kepercayaan, kebebasan, serta tanggung jawab sosial dalam masyarakat.

Dalam keluarga masyarakat Jawa, seorang ayah biasanya akan memberikan bilah keris kepada anak perempuannya yang akan menikah. Keris itu kemudian diserahkan kepada (calon) suami (untuk disimpan), di samping sebagai tanda adanya ikatan berdasarkan persetujuan keluarga terhadap (calon) menantu, juga sebagai tanda penyerahan tanggung jawab atas anak perempuan dari seorang ayah kepada menantu (dan besan) untuk mendapatkan kasih sayang, perlindungan, dan kesejahteraan. Jika keluarga baru itu kandas (bercerai), keris akan diserahkan kembali ke mertua (disimpan oleh perempuan yang menjanda). Keris akan dikeluarkan kembali jika si janda menikah lagi.

Pewarisan keris dapat pula dilakukan atas dasar kepercayaan kepada pihak lain, bukan atas dasar keturunan (proses regenerasi). Dalam kasus-kasus tertentu, pewarisan keris bahkan terkait dengan simbol garis penerus yang berhubungan dengan kapasitas khusus tertentu dalam tradisi, seperti pewarisan otoritas yang dimiliki seorang tokoh/kerajaan kepada tokoh/kerajaan lain yang dipercaya dapat memegang amanat.

Tulisan ini sebenarnya hendak melihat makna keris tameng sari dalam salah satu sajak Taufik Ikram Jamil, “tameng sari kuserahkan kembali” (Fragmen Waktu, 2010:106-107). Sajak 9 bait itu akan didekati secara mitologis (“kisah masa lalu”) dengan mengaitkannya dengan kepercayaan/pemahaman masyarakat (Riau, melalui Taufik Ikram Jamil) atas keberadaan keris tameng sari.

Sastra dan Mitologi

Dalam salah satu tulisannya, Budi Darma (2004:130) berpendapat bahwa sastra adalah kepanjangan dari mitologi. Seperti halnya dalam sastra, di dalam mitologi terdapat tokoh-tokoh yang mengalami konflik kejiwaan/masalah psikologis sehingga antara sastra, mitologi, dan psikologi sesungguhnya saling terkait dan tidak dapat dipisahkan.

Untuk mendukung pendapatnya itu, Budi Darma mencontohkan asal-usul istilah histeria dan narsisme. Konon, kedua istilah itu diambil dari dua nama tokoh dalam mitologi Yunani Kuno yang mengalami masalah psikologi: Histeria dan Narcissus. Histeria adalah tokoh wanita yang mengalami ketidakberesan pada rahimnya. Setiap kali ketidakberesan itu muncul, Histeria selalu berteriak-teriak, kadang menangis, kadang tertawa, dan kadang marah-marah tidak dapat lagi mengendalikan emosinya. Sementara itu, Narcissus adalah tokoh pria (?) yang mencintai dan mengagumi diri sendiri secara berlebihan. Kini, keduanya: histeria dan narsisme digunakan untuk setiap orang (baik pria maupun wanita) yang mengalami gangguan kejiwaan seperti itu.

Sebagai produk budaya, idealnya, mitos akan selalu hidup dan memberi pengaruh terhadap perilaku dan pandangan hidup masyarakat. Mitos bukan sekadar sebuah konsep/gagasan, melainkan suatu lambang dalam bentuk wacana. Mitos, dengan demikian, selalu menghadirkan sebuah sistem komunikasi yang menawarkan pesan masa lalu: ide, ingatan, kenangan, dan bahkan keputusan yang diyakini masyarakatnya (Barthes, 1981:193). Oleh karena itu, dalam kondisi yang benar, mitos dapat mengembangkan integritas masyarakat: memadukan kekuatan kebersamaan yang terpecah serta dapat membentuk solidaritas, identitas kelompok, dan harmonisasi komunal.

Keris Tameng Sari

Pada mulanya, Tameng Sari adalah nama seorang hulubalang (pendekar) kerajaan Majapahit. Ia memiliki sebilah keris yang sangat sakti. Dalam Hikayat Hang Tuah disebutkan bahwa Tameng Sari, karena mengamuk dan hendak membunuh raja Majapahit saat menerima kunjungan hulubalang kerajaan Melaka, mati di tangan Hang Tuah. Atas kejadian itu, keris Tameng Sari dihadiahkan oleh raja Majapahit kepada Hang Tuah. Sejak saat itu keris itu pun disebut keris tameng sari. Konon, keris tameng sari itu pula yang digunakan Hang Tuah untuk membunuh Hang Jebat.

Penghadiahan keris tameng sari dari raja Majapahit kepada Hang Tuah, setidaknya, memiliki dua makna. Di samping merupakan sebuah pengakuan (atas ketangguhan Hang Tuah) dan tanda ikatan persahabatan (antara Raja dan Hang Tuah, Majapahit dan Melaka, bahkan Jawa dan Sumatera), penghadiahan itu juga merupakan simbolisasi dari sebuah prosesi pewarisan otoritas kerajaan Majapahit kepada kerajaan Melaka yang dianggap mampu memegang amanat.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah pemahaman seperti itu terlihat pada sajak Taufik Ikram Jamil, “tameng sari kuserahkan kembali”? Lalu, mengapa keris tameng sari dikembalikan? Untuk menjawabnya, mari kita simak terlebih dulu penggalan sajaknya (bait 1) berikut ini.

sumpah itu tak akan pernah terlupakan
makanya keris tameng sari ini sempat lama kusimpan
jadi semerbak kuntum-kuntum bunga
berucap pada negeri-negeri jauh
dengan kefasihan mantera tanpa keluh
Rupanya, bagi si aku lirik, menyimpan keris tameng sari bukan sekadar karena adanya kewajiban pemenuhan atas sumpah/janji, melainkan juga karena adanya pengakuan: dengan kefasihan mantera tanpa keluh atas keberadaan keris tameng sari (dengan segala makna simbolisnya) yang telah mengharum ke negeri-negeri jauh sekalipun. Meskipun demikian, pada bait 2, si aku lirik mencoba menampik hal itu dengan mengatakan, “tapi aku memang bukan yang dulu/sementara itu engkau begitu lembut untuk diri sendiri/hingga aku menduda dari catatan-catatan laku/yang tak panjangkan sua kita/pada tali persaudaraan yang kian pendek”. Oleh karena itu, si aku lirik pun membuat keputusan (bait 3) seperti berikut ini.
 
lalu kuserahkan kembali keris tameng sari ini
bersama kisah pilu di hulunya
tempat kita sama-sama pernah bergenggam
ketika berbagai mimpi diandam
di tengah jaga yang menjelang
tetapi dalam tidur pun tiada bertemu
nasib baik terpuruk ke dalam angan-angan
Begitulah, setelah membeberkan berbagai kekecewaannya (dengan menyodorkan keironisan-keironisan yang dinyatakan pada bait 4, 5, 6, 7, dan 8), aku lirik menutup sajaknya dengan mengulang keputusannya (bait 9) seperti berikut ini.
kuserahkan kembali keris tameng sari ini
sebelum tikamnya menjadi makin runcing
di tanganku kehilangan kendali
karena jarak yang kian tersarung
untuk kesalahan yang terus terasah
dalam catatan-catatan berbatu
yang telah mencalarkan diri sendiri
demi marwah yang makin basah oleh air mata

Penutup

Melalui pembacaan sederhana seperti itu, dua pertanyaan yang diajukan dapat dijawab. Pertama, keris tameng sari (oleh si aku lirik) tidak hanya dipahami sebagai senjata untuk perlindungan diri, tetapi juga dipahami sebagai simbol ikatan persaudaraan antarkita: aku dan engkau, Melaka dan Majapahit, dan/atau daerah (Riau/Sumatera) dan pusat (Jakarta/Jawa). Kedua, keris tameng sari dikembalikan karena si aku lirik kecewa, merasa telah dikhianati oleh engkau: pemberi keris tameng sari.

Atas dua jawaban itu, patut diduga Taufik Ikram Jamil (melalui sajaknya, “tameng sari kuserahkan kembali” ini) ingin melakukan demitefikasi keris tameng sari.

Lihatan ini, bisa jadi, tidak memuaskan semua pihak. Meskipun demikian, dengan segala kelemahannya, (diharapkan) lihatan ini mampu menggoda pembaca untuk melakukan analisis/penelitian lebih lanjut. n

Agus Sri Danardana, Kepala Balai Bahasa Riau. Menulis esai di berbagai media, dan telah menerbitkan beberapa buku kritik/esai sastra. Sekarang sedang mempersiapkan salah satu buku kumpulan esai sastranya.

Sumber: Riau Pos, Minggu, 17 April 2011

Menarik Hari Ini..

Asalamualikum dan salam sejahtera.. buat pengunjung-pengunjung setia blog ini, maklumat-maklumat baru telah ditambah ke dalam blog ini. sebarang maklumat yang ingin anda cari dan dapatkan bolehlah ditulis pada ruangan Senyum Kambing yang tersedia di blog ini..Insyaallah saya akan cuba mencari maklumat yang ingin anda kehendakinya. pada hari ini 24 april 2011 maklumat baru telah ditambah pada:

1.Ruangan Info
2.Ruangan Home
3.Ruangan Nota Sastera
4.Novel
5.Cerpen
6.Drama
7.Puisi

sekiranya maklumat yang igin anda cari tiada,  saya harap anda boleh mencuba untuk mengunjungngi pada masa dan hari dan juga waktu yang lain pula...insyaalah..

Sekian Terima Kasih..

CERPEN INDONESIA



KESUSASTERAAN MELAYU MODEN

PENGENALAN

Kesusasteraan dalam pendekatan moden ditakrifkan sebagai hasil karya individu yang mengumpul segala bentuk pengalaman, perasaan dan pemikiran, yang secara intelektual menggabungkan estetik, imaginasi dan ilusi pengarang sebagai teks diri dan ideologi, budaya sejarah dan moraliti zaman sebagai teks sosial yang secara modifikasi meresap masuk ke dalam karya sastera. Teks sastera dikatakan merentasi pelbagai cabang isian ilmu, termasuk sains sosia, ekonomi, matematik, politik, agama dan sebagainya.


JENIS KESUSASTERAAN MELAYU MODEN


            Kesusasteraan melayu moden adalah karya-karya yang dianggap mempunyai ciri-ciri sastera mengikut ukuran barat dan universal.Pada peringkat awal mamanglah pengarang-pengarang tidak menyedari atau memahami hakikat sastera.A kan tetapi apabila masyarakat bertambah maju muncullah pengarang-pengarang yang mengambil berat mutu-mutu karya mereka.

            Novel,sajak,cerpen dan drama adalah genre sastera yang bermodelkan genre-genre sastera barat. MUHAMMAD AFFENDI HASSAN menyebut bahawa karya-karya sastera melayu moden adalah karya-karya tiruan.Walaupun pendapat MUHAMMAD AFFENDI HASSAN ITU ADA benarnya,ini tidak  bermakna karya-karya melayu moden tidak asli.Yang ditiru adalah bentuk secara keseluruhan.Sastera melayu moden tetap asli dilihat dari aspek gaya,isi dan aneka teknik yang dikemukakan oleh penulis.

            Kesusasteraan melayu moden,sama ada di malaysia atau indonesia bermula dengan abdullah munsyi (1796-1854). Pad tahun 1838 terbitlah kisah pelayaran Abdullah munsyi karyanya dalam beberapa hal telah membawa pembaharuan serta begitu menyumbang daripada tradisi satera sebelunnya. Zubir Usman dalam bukunya kesusasteraan melayu indonesia menyebut , Abdullah munsyi sebagai pengarang melayu pertama keluar daripada kebiasaan yang melanggar dan mematahkan tradisi sastera yang sudah turun temurun memalingkan penanya daripada menceritakan kisah-kisah ghaib atau khayalan.Kesusasteraan melayu moden terbahagi kepada novel,drama,sajak,biografi dan kritikan sastera.




JELASKAN PENUBUHAN ASAS 50 DAN KONSEPNYA?


Pengenalan :
  • Nama penuh ‘ Angkatan Sasterawan 50 “
  • Ditubuhkan pada 6 ogos 1950 bertempat di 24-H, Henderson Road Singapura.
  • Penubuhannya adalah hasil daripada kata sepakat 19 orang penulis
  • Tokoh-tokoh asas 50 terdiri daripada pemuda pemudi yang berlatarbelakangkan berbeza.
  • Berpegang kepada konsep “ Seni untuk Masyarakat “
  • Sewaktu mula ditubuhkan ianya dianggotai oleh anak-anak muda sekitar umur 20-an.
  • 1954,seramai 99 orang termasuk dua orang wanita menganggotainya.
  • Seramai 72 orang daripada ahlinya pernah menulis dalam akhbar sastera majalah yang diterbitkan di singapura.
  • Dari sudut pekerjaan,kebanyakan mereka terdiri daripada :
    1. guru
    2. wartawan
    3. Buruh

Sifat-sifat penulis Asas 50 yang agak Ideal atau Unggul :

  • Penulis itu moden serta baru, mempunyai status yang tinggi dalam masyarakatnya
  • Dunianya luas serta dalam kerana diaambil daripada kenyataan dan alam ilmu
  • Penulis terlibat dengan keadaan bangsanya
  • Penulis harus membawa aliran pemikiran maju
  • Mempunyai kepercayaan akan nilai-nilai kemanusiaan
  • Harus dan mestilah melibatkan diri sepenuhnya dengan perjuangan mendapatkan kemerdekaan

Konsep Asas 50

“seni untuk Seni “
Konsaep ini diperjuangkan oleh Ashraf yang mengatakan dan menerangkan bahawa karya itu adalah suatu hasil seni dan karya itu hanya dimiliki oleh oleh orang-orang seni sahaja.Ashraf juga mengatakan bahawa konsep ini bermaksud setiap hasil karya itu bukanlah untuk dimiliki oleh masyarakat.Namun begitu, konsep ini telah mendapat tentangan hebat seorang tokoh iaitu Hamzah yang memperjuangkan konsep “ seni untuk Masyarakat “ .ekoran itu,ianya telah menyebabkan timbulnya polemik yang berpanjangan antara kedua tokoh dalam dunia kesusasteraan.


“ Seni untuk Masyarakat “
Konsep ini diperjuangkan oleh Hamzah.hamzah berpendapat bahawa hasil seni itu  bukanlah milik orang seni sahaja dan bukanlah hanya dimiliki oleh golongan-golongan pengkarya malah hasil karya sastera itu adalah milik masyarakat bersama dan ianya boleh dinikmati masyarakat.Namun begitu konsep ini akhirnya diterima.

PENDEKATAN KOMSAS

1. Pendekatan Induktif
2. Pendekatan Deduktif
3. Pendekatan Elektik
4. Pendekatan Komunikatif
5. Pendekatan Dtruktural
6. Pendekatan Berfokus

PENGERTIAN FILOLOGI


* suatu pengetahuan tentang sastera yang luas iaitu yang merangkumi bidang kebahasaan, kesusasteraan, dan kebudayaan.

* Menurut teori barat cabang kebudayaan (cultural universal) dalam pengertian ada 7 bahagian


Etimologi

* Filologi berasal daripada kata yunani iaitu philos yang bermaksud cinta

Filologi sebgai istilah

*Dalam perkembangan yang mutakhir ,filologi memandang perbezaan yang ada dalam pelbagai manuskrip sebagai suatu ciptaan dan menitik beratkan kerjanya pada perbezaan tersebut

Tempat penyimpanan manuskrip

* Biasanya manuskrip disenaraikan dalam pelbagai catalog di perpustakaan dan muzium dan Negara tertentu.menurut perangkaan yang dibuat oleh mahayudin hj yahya dalam bukunya ,karya klasik melayu islam